-->

Definisi dan Contoh Analytical Exposition Text Secara Lengkap

Kali ini kita akan membahas tentang Definisi, General Structure, Features of analytical exposition (Kebahasaan), dan Contoh Teks Analytical Exposition.

Analytical Exposition adalah jenis teks yang termasuk ke dalam jenis Argumentation Text dimana teks tersebut berisi tentang pemikiran terperinci penulis tentang sebuah penomena yang ada di sekitar. Fungsi sosial dari teks Analytical Exposition adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argument-argument atau pendapat-pendapat yang mendukung main idea atau topik tersebut.


Definisi dan Contoh Analytical Exposition Text Secara Lengkap
Definisi dan Contoh Analytical Exposition Text Secara Lengkap

General structure :

Thesis, mengenalkan topik dan ide pokok yang akan dibahas serta menguraikan argumen utama yang akan disajikan.

Arguments, menyatakan kembali argumen utama yang pada Thesis, serta mengembangkan dan mendukung argumen utama dengan memberikan argumen-argumen lain. Biasanya ditulis dalam bentuk poin-poin. Reiteration (conclusion), penutup dari teks yang berisi pengulangan ide pokok atau kesimpulan dari teks.

Features of analytical exposition (Kebahasaan) :

  • Menggunakan relational process, seperti don’t interfere, dsb.
  • Menggunakan internal dan causal conjugation, seperti therefore, dsb.
  • Menggunakan actions dan thinking verbs, seperti I believe, dsb.
  • Menggunakan connectives, seperti firstly, secondly, dsb.
  • Menggunakan passive voice dan simple present tense.


Contoh Analytical Exposition Text :


Hand-held Computer Games


My name is Thomas Park. I attend Seaview High School. I am firmly of the opinion that hand-held computer games should not be banned from schools.

Firstly, if they were banned, just imagine how many unhappy and lonely teenagers there would be. You can play with hand-held computer games at recess with your friends. Moreover, they can help you make new friends. So, the games encourage students to mix with one another.

Secondly, hand-held computer games don’t interfere with our schoolwork. Yes, occasionally students would get caught playing with them in class. However, if there are proper rules and punishments, this can be kept under control.

Lastly, these games develop our hand-eye coordination. They are quite and so are not distracting! Therefore, I can’t see why teachers would object to this!


My argument is conclusive: hand-held computers at school are harmless. Moreover, they are fun, help you make friends, can be controlled, and are good. Therefore, don’t ban hand-held computer games!

Click to comment