-->

Pengaplikasian Iman dan Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

A. Perilaku yang Mengaplikasikan Keimanan kepada Hari Akhir


Iman kepada hari akhir akan berdampak pada perilaku dalam keseharian. Seseorang yang beriman kepada hari akhir akan terlihat dari perilaku sehari-hari. Di antara perilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir sebagai berikut.

1. Selalu berusaha menjadi lebih baik.
2. Tidak silau pada gemerlap dunia.
3. Tidak iri atas nikmat orang lain
3. Bersikap rendah hati.
4. Menghindari sifat cinta dunia dan harta secara berlebihan.
5. Bersikap optimis dan lapang dada.

Pengaplikasian Iman dan Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

B. Hikmah Beriman kepada Hari Akhir


Berikut di antara hikmah beriman kepada hari akhir.

1. Menyadari bahwa hari kiamat pasti akan datang dan tidak ada yang tahu kejadiannya, kecuali hanya Allah SWT.

2. Hancurnya alam semesta di hari kiamat membuktikan bahwa Allah SWT. Maha Kuasa melakukan segala sesuatu yang Dia kehendaki. Dia adalah Raja yang Maha Menguasai hari kemudian.

3. Akibat peristiwa luar biasa tersebut, manusia harus mempersiapkan diri dengan bekal amal saleh karena tidak pernah ada satu pun makhluk yang mengetahui waktu dan kedahsyatannya.

4. Manusia akan mendapatkan keadilan Allah SWT. dengan seadil-adilnya. Manusia tidak ada yang luput dari perhitungan dan pembalasan di hari kemudian.

5. Manusia harus menyadari tanda-tanda menjelang datangnya hari kiamat dan mulai introspeksi untuk memperbaiki segala ucapan, sikap, atau tingkah lakunya.

Cukup sekian penjelasan Pengaplikasian Iman dan Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir, bila ada penjelasan yang kurang berkenan di hati anda silahkan komen dibawah ini. Dan bila anda suka dengan artikel ini silahkan like dan share !,,, Semoga bermanfaat yaa :)

Click to comment