-->

Definisi Recount Text, Tipe Recount Text, dan Contoh Recount Text

Kali ini berkaspengetahuan.com akan membahas tentang definisi recount text, tipe recount text, general stucture if recount text, dan features (kebahasaan) of recount text.

Recount text adalah teks yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman masa lalu. Tujuan teks ini yaitu untuk menginformasikan, menghibbur atau menceritakan kembali kejadian masa lalu ada pembaca.

Tipe recount text:

  • Personal recount, biasanya menceritakan kejadian yang penulis alami.
  • Factual recount, rekam jejak sebuah peristiwa, contoh eksperimen ilmu sains.
  • Imaginative recount, berisi tokoh imajinasi dan memberikan detil pada kejadian.

General structure of recount:

  • Orientation, memberikan gambaran latar dan mengenalkan tokoh.
  • Events, menceritakan apa yang terjadi, dengan berurutan.
  • Re-orientation, penutup dari events (opsional).

Features (kebahasaan) of recount:

  • Fokus pada tokoh utama, contoh I, my friend, dsb.
  • Menggunakan chronological connection, contoh then, first, dsb.
  • Menggunakan linking verb, contoh was, saw, heard, dsb.
  • Menggunakan action verb, contoh look, go, change, dsb.
  • Recount text mempunyai judul yang biasanya merangkum keseluruhan teks.
  • Tokohnya spesifik atau dikenali.
  • Detil dari events dipilih untuk membantu pembaca memahami aktivitas atau peristiwa (factual recount).
  • Paragraf akhir mendeskripsikan akibat dari peristiwa yang diceritakan (factual recount).
  • Detil dari waktu, tempat, dan peristiwa harus dijelaskan secara rinci (factual recount).
  • Memasukkan pemikiran penulis/reaksi (imaginative recount)
  • Menggunakan material process.
  • Mendeskripsikan events.
  • Menggunakan adverb dan kadang-kadang passive voice.
  • Menggunakan simple past tense.

Contoh recount text:


My Friend Michelle

Definisi Recount Text, Tipe Recount Text, dan Contoh  Recount Text
softilmu.com

When I was in the first grade of Primary School, I had a friend, Michelle. She was the friendliest and the most intelligent student in the class. We soon became very close to each other because we had a lot of things in common.

Now, we are in the second year. We are not in the same class anymore, but we spend a lot of time together. We study together, do some assignments and hang out for fun. Friends are as valuable as diamonds. We do realize it and promise that we will remain good friends as long as we live.


(Adapted with some changes from various sources)

Click to comment